Hidup Mahasiswa


Lepas dari seragam putih abu-abu itu menyenangkan. Hahahaha ya gak sih ?
sudah gak terikat lagi dengan yang namanya seragam resmi dan seribu peraturan,tapi disamping itu pastinya ada perasaan sedih yang istilah anak-anak jaman sekarang itu galau karena harus pisah dengan orang tua, sahabat seperjuangan,apa lagi yang punya kekasih satu sekolah bakal gegana banget kan karena harus berpisah atau paling enggak harus LDRan .. 

Kini aku telah beranjak dari siswa menjadi mahasiswa, yang ada dalam pikiran ku saat ini hanyalah perasaan senang karena akhirnya bakal jalanin hari-hari di kampus. Sempat sedih karena harus berpisah dengan kedua orang tua dan melakukan segalanya sekarang dengan sendiri. Tapi kesedihan ku tak berlarut-larut. Aku harus tetap semangat hidup di kota orang dan berharap kelak pulang kampung membawa gelar sarjana bahkan profesor sekalipun, wkwk amin.

Okeoke , disini aku ingin berbagi cerita tentang ospek yang telah aku lewati selama seminggu kemarin. Awalnya aku takut dengan istilah tersebut tapi ya udah lah jalanin aja, toh ospek nya gak sendirian kan ..
Hari pertama adalah hari dimana kami mahasiswa baru (maba) menjalani pengukuhan. Berpakaian putih-putih yang melambangkan kesucian. Disini lah waktunya aku harus membudidayakan sikap so kenal , karena aku tidak mengenal satu pun dari beribu-ribu maba yang ada di kampus ini. 
Setelah menjalani tahap pengenalan dengan beberapa maba, akhirnya akupun mendapatkan teman dari berbagai macam daerah. Kami bersama-sama memasuki pintu gedung ACC tempat kami akan melakukan pengukuhan. Kami saling bertukar cerita tentang diri kami masing-masing.. yaa seperti itulah , sampai selesai pengukuhan dan kami telah dinobatkan menjadi seorang mahasiswa :D . seusai pengukuhan, maba diharapkan berkumpul dilapangan untuk mengetahui kelompok ospek universitas dan kelompok ospek fakultas. Dengan antrian yang panjang untuk dapat melihat nama kelompok, Ups ternyata aku ospek universitas dapat dikelompok FIB ( Fakultas Ilmu Budaya ) dan bergabung dalam kelompok 17 dalam ospek fakultas. 

Keesokan harinya, Ospek Universitas pun berlangsung...Lagi-lagi aku harus membudidayakan istilah “so kenal”. Oke gak apa-apa namanya juga tempat baru harus bisa beradaptasi dengan teman-teman baru. Tepatnya di depan pintu FIB aku berkenalan dengan dua anak dari fakultas yang berbeda dengan ku,yang satu dari fakultas Farmasi, dan yang satu lagi dari fakultas Sains danTeknologi. Kami bertiga masuk ruangan kelas bersama-sama.kami duduk di deretan paling belakang karena di depan tampaknya sudah penuh. Kami bertiga juga saling berkenalan dengan maba yang ada disekitar kami yang terdiri dari berbagai fakultas dan jurusan. Dari sekian maba yang ada di sekitarku, aku menjumpai maba yang satu fakultas denganku, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat. Akhirnya kami ber’empat pun melewati ospek universitas ini bersama-sama selama dua hari. Banyak hal yang ku dapatkan dari ospek universitas ini, dari pengetahuan mengenai lingkungan kampus, sistem perkuliahan, hingga bertemu dengan senior FIB yang gokil-gokil. Setelah ospek universitas ini pun usai aku harus mempersiapkan diri untuk melanjutkan ospek fakultas, dan tentunya masih semangat 2013 dong.

Satu hari menjelang ospek fakultas, malam harinya aku berkumpul disalah satu basecamp kelompok ku dan didampingi oleh kakak pembimbing kelompok. Kelompokku terdiri dari 15 orang, 14 cwe dan 1 cwo. Ya maklum lah fkm (fakultas kebanyakan muslimah, haha). kami berdiskusi mengenai segudang tugas-tugas ospek. Segudang ? Iyaa, tugasnya banyak benget !Kami mencoba menyelesaikan tugas dengan sejuta semangat. Tepat pukul 21.00 akhirnya tugas awal pun selesai. (Masih tugas awal loh yah)) dan kami pun bergegas untuk pulang. 

Kring... Kring... Kring... (bunyi alarm)

Aku bangun lebih awal dari biasanya karena takut telat. Kata orang sih ospek fakultas itu menakutkan , semakin penasaran untuk bisa cepat sampai dikampus. Setibanya di pintu Gerbang FKM yang sering disebut-sebut kampus ungu, perasaan senang pun muncul akhirnya bisa melangkahkan kaki di mana nantinya aku akan menjalani suka duka di kampus ini. Tampak terlihat maba FKM berkumpul dengan masing-masing kelompoknya, aku pun demikian mencari dimana kelompok ku. Dari kejauhan aku melihat beberapa anggota kelompok ku dan aku pun bergabung dengan mereka. Setelah masing-masing dari kami berkumpul dengan kelompok, tiba-tiba Senior dari sie.Keamanan datang untuk mengarahkan berbaris rapi karena sebentar lagi akan masuk kelas. Untuk memasuki kelas pun ternyata gak tinggal masuk lalu duduk, tapi kami harus melewati serangkaian pertanyaan dari panitia dan belum lagi antri untuk mengisi daftar hadir. Oke no problem, keep calm devy ..

Setelah memasuki ruangan kelas aku duduk bersama kelompok ku, kakak senior yang menjadi sie.acara pun beraksi untuk membuat suasana kelas menjadi tetap semangat. Kakak dari sie.acara juga meminta agar kami yang dari luar daerah maju di depan kelas, ya termasuk aku yang dari luar pulau jawa. Diruangan kelas ku ada sekitar lima orang yang dari luar pulau jawa, diantaranya dua dari kalimantan dan tiga orang dari papua. Setelah melewati tahap pengenalan yang terdapat lelucon juga di dalam nya , haha akhirnya kami pun dipersilahkan duduk kembali. Selanjutnya kami nge’game , jargon juga , dan yang gak kalah penting melihat tayangan pengenalan panitia ospek fakultas yang wajib di hapal nama-nama kakak nya.. Ya ampun banget!

Singkat cerita, sekitar 5-10 menit mau pulang kami menyanyinyakan lagu hymen dan mars Airlangga, dan kebetulan aku yang di tunjuk sebagai drighen. Jam Pulang tiba, tapi bukan berarti jam pulang aku langsung pulang kerumah. Aku harus berkumpul lagi di basecamp untuk ngerjain tugas bersama kelompok ku,tugas nya di umumkan lewat blog, dan saat ngecek blog ternyata tugas makin numpuk aja. Tetap semangat kan tapi ? Iya deh, fighting ;) Oke , dilanjut ya ? ... Hari ke lima acara ospek, masih tetap sama masuk kelas harus melewati pemeriksaan kerapian dengan iringan tatapan maut dari para senior sie.disiplin.Tetap tenang dan terus menyapa “(Pagi kak)”disepanjang jalan masuk kelas. Ingat! terapkan 5s, 2T+1M . Tau kan ya?(Sapa Salam Senyum Sopan Santun, Tolong Terimakasih + Maaf ).

Untuk hari ke lima ini, kami ada jam untuk mengerjakan tugas kami yaitu meminta tanda tangan dari panitia ospek , yang perlu di ingat panitia yang di mintai tanda tangan tidak boleh dari asal yang sama, bulan lahir yang sama , dan bidang kepanitian yang sama dengan panitia lainnya. Minta tanda tangan nya pun gak semudah itu, kami harus menebak asal mereka, harus menjawab pertanyaan mereka, dan melakukan apa yang mereka mau. Waktu itu aku ingin meminta tanda tangan dari kakak sie.disiplin. jantung ku benar-benar mau copot berhadapan dengan salah satu panitia sie.disiplin. aku mencoba tetap senyum, mencoba merayu agar dia mau tanda tangan . pada saat itu aku diberi tantangan untuk menyanyikan lagu fkm angkatanku. Aduh gawat, aku aja gak hafal. oke , aku nyanyi semampuku. Nadanya itu lagu Wali Cari jodoh, cuman liriknya aku gak hafal.
“Dari ACC hingga ke RS-UA tak juga aku dapatakan , tak juga aku temukan.. dimana kampus warna ungu,, pengumuman pengumuman fakultas kesehatan masyarakat.. kita yang paling oke, senior asik-asik, mabanya kece-kece, kita yang paling rame OoUoo kita yang paling rame”

haha dan akhirnya dari sedikit lagu yang kuhafal itu aku mendapatkan tanda tangan dari salah satu panitia sie.disiplin. Sekitar 15 menit menjelang pulang, Oh tidak! sie.disiplin dan sie.keamanan masuk ruangan kelas dengan wajah yang cukup membuat tangan ku keringat dingin. Kami berdiri tanpa ada satu pun yang berbicara kecuali mereka. Dengan tatapan yang tajam mereka berbicara dengan lantang berkata bahwa mereka kecewa dengan kami karena kami masih saja tidak mentaati peraturan ospek, and we don’t respect of people. Aku sebenarnya paham semua yang mereka lakukan ini demi kebaikan kami juga, agar kami tidak lagi seperti siswa yang manja, tapi kami harus menjadi mahasiswa yang mandiri dan Excellence with Morality. Gak apa-apa dengerin aja kalau senior lagi memberi nasehat *

Waktunya pulang ....
hari ini sebenarnya harus ke basecamp lagi, tapi aku gakbisa ikut, jadi ngerjain tugas sendiri aja dirumah. Malam ini aku akan ngerjain tugas membuat artikel yang baru di umumkan di blog hari ini dan bakal dikumpul besok. Baru kali ini aku ngerjain tugas hingga jam 00.00 hanya demi ospek dan terhindar dari amarah senior. Huhu Kalau jaman nya SMA mah tinggal nyalin punya temen aja besok(hahaha kebiasaan buruk namanya). Sleep ~ 

Pukul 06.00 aku bergegas untuk berangkat ke kampus, tapi sayangnya aku telat sampai ke kampus. Awal di pintu gerbang fkm sih dapat sapaan ramah dari panitia, sampai di pondok satpam di jegat deh sama sie.disiplin. Aku di tanya kenapa bisa sampai telat dengan nada cukup sinis, aku coba menjawab dengan jujur namun belum selesai aku bicara kakaknya keburu ngomong gini “Gak pake alasan, sudah mahasiswa loh de,lihat tuh temen mu bisa tepat waktu. Sebutkan nama dan kelompok berapa” well, gak apa-apa deh pelajaran untuk bisa respect of time kedepannya. 

Acara hari ini ada display ORMAWA(Organisasi Mahasiswa), ntar di ormwa itu kita juga magang, gak ngerti jelas sih ya seperti apa tapi it’s okay lah aku memilih organisasi yang ada traveling nya gitu, hihi .Wah gak terasa, besok udah terakhir ospek ?? yes yes yes uyee. Masih semangat kan Dev ?? antara semangat gak semangat ni udah. Ya capek , ya banyak tugas juga. Malam ini pastinya begadang lagi.

Mentari pagi menyambut dengan indahnya hari ini, dan ini dia yang kutunggu-tunggu, ospek terakhir :D Hari ini aku berhasil tepat waktu sampai di kampus. Setelah berkumpul dengan kelompok ku di lapangan fkm, kami pun bergegas masuk kelas dengan ritual yang sama, melewati kakak-kakak dari sie.disiplin. Setelah sampai di dalam kelas aku duduk di bagian depan deretan kedua,karena ini hari terakhir jadi aku lebih semangat. Kali ini aku yang menawarkan diri sebagai drighen untuk menyanyikan serangkaian lagu mulai dari Indonesia Raya hingga Mars Airlangga. Hari terakhir, sekalian ngeksis kan gak apa-apa :D

Menyanyikan lagu pun selesai. Seketika kami bercanda ria dengan sie.acara,tiba-tiba seluruh panitia ospek memasuki ruangan dengan wajah berbeda-beda. Ada yang senyum, ada yang sinis. Saat itu kami bingung. Ada apa ya ? kami mau diapain lagi ini? Lalu ketua panitia Ospek angkat bicara, mewakili dari panitia lain meminta maaf kepada kami atas perilaku yang tidak menyenangkan dan saat itu pun mereka senyum bersama-sama pada kami. Mereka juga melepas almamaternya serempak dihadapan kami sebagai tanda kami semua disini sama, tak ada senior dan tak ada junior. Wah legah benget saat moment ini. Ternyata, moment indah itu gak cukup sampai disitu aja. Banyak surprise yang di buat oleh panitia untuk kami. Kami bernyanyi sama-sama di taman FKM,kami juga berfoto dengan kakak-kakak panitia, ada acara goyang Cesar juga,senam banana, dan yang menurutku paling spesial menerbangkan balon cita-cita. Balon nya banyak banget, terus di bawah balon itu ada kertas yang berisi cita-cita maba fkm angkatan 2013. Seru gak sih, menurutku panitia telah berhasil dalam acara ini.Terimakasih untuk kakak-kakak panitia yang dengan sabar melayani kami dan terus mengajari kami untuk menjadi mahasiswa yang sesungguhnya. Semoga kita menjadi keluarga baru yang senantiasa saling menghormati dan menyayangi satu dengan yang lainnya.

FKM UA 2013??
One Heart, One Health, Go Public Health !!!

So, buat kalian yang akan menjalani ospek gak usah takut yaa. Karena tujuan dari ospek sebenarnya bukan untuk menghakimi kalian, justru dari ospek lah kalaian memulai diri kalian menjadi mahasiswa sejati. Tetap semangat dan siap menjadi pemimpin bangsa dimasa yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terimakasih tetap bertahan

Assalamualaikum Jogja 2

Magang