23 Tahun Terlewati



Alhamdulillah hari ini genap usia ku menginjak 23 tahun, yang mana ulang tahun adalah momen untuk evaluasi diri selama 23 tahun sebelumnya. Mungkin di tahun-tahun sebelumnya aku masih ngerasa bahwa ulang tahun identik dengan surprise. Tapi tahun ini beda, rasanya yang kayak gitu-gitu udah nggak penting lagi. 

Lebih ada rasa malu, justru rasanya aku nggak pengen orang lain tau tentang ini. Aku berpikir, apasih esensi dari ulang tahun itu sendiri? sesuatu yang lumrah, yang setiap orang akan mengalaminya tiap-tiap tahunnya. justru seharusnya menjadi pembelajaran dan perenungan, apa di usia segini aku sudah menjadi lebih baik? masalah perayaan adalah bagaimana orang di sekitar kita menganggap arti ulang tahun itu sendiri. ucapan dan hadiah adalah wajar, tapi justru yang harus kita renungkan adalah, apakah aku pantas mendapat semua ucapan dan hadiah ini dengan nilai yang ada pada diriku sekarang?

Aku malu sama diri sendiri. malu sudah berumur 23 tapi belum banyak berbuat untuk orang lain. yang lebih malu, karena 23 tahun ini aku sibuk berpikir cara membahagiakan diri sendiri, tapi belum menemukan cara untuk membuat orang sekitar ku juga merasa bahagia. Kalian tahu Ali Banat? Atau mungkin yang sempat viral perawat muda Razan Al Najjar yang tertemba mati oleh Israel karena menolong orang lain?. MasyaAllah mereka menghadap Allah di usia muda, namun di masa hidup mereka sangat bermanfaat bagi orang lain. Terlebih sosok almarhum Ali Banat yang membuat saya kagum, disisa hidupnya ia memberikan seluruh jiwa dan harta yang dimilikinya untuk kebahagian orang lain.


tanggal 26 Juni seperti biasa, masih saja dapat kue tart, dapat ucapan, dapat foto dan video lucuk, dapat kado. Thankyou for my fam and friends. But that’s nothing special. yang bikin beda justru adanya rasa tanggung jawab yang lebih berat yang harus saya pikul. Hal yang harus disyukuri sebenarnya adalah Allah masih memberi kesempatan untuk memperbaiki diri ini. Sang Pengatur Waktu udah ngingetin nih, yang kelamaan diisi sama hal hura-hura di ulang tahun sebelum-sebelumnya. Kayak kebanyakan orang sih, pasti berharap jadi lebih baik di ulang tahunnya, cuma aku beda deh kali ini. aku cuma pengen Ibu dan Ayah diberikan kesehatan dan umur panjang untuk melihat kesuksesan ku di masa yang akan datang. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terimakasih tetap bertahan

Assalamualaikum Jogja 2

Magang