Pejuang Diskonan

Aku bukan diantara seribu wanita yang menyukai diskonan, namun jika ada alasan bermakna ya mungkin saja haha. Nah, diskonan yang sedang ogut incer adalah tiket KAI. Yes i want go to Yogyakarta. (ke Yogyakarta ngapain? Next di tulisan selanjutnya yak).
.
Pagi-pagi sekali aku sudah bergegas untuk mandi dan bersiap menuju DTC untuk membeli tiket, fikirku jika berangkat awal bakalan cepet selesai. Karena berdasarkan pengalaman temen ogut yang pecinta diskonan travelling, antrinya banget dan syaratnya juga ribet. Ah, bodo lah coba saja dulu.
.
Aku berangkat dari rumah pukul 08.30 dan tiba di DTC 09.04. Operasionalnya DTC kan pukul 10.00 yak, tapi yang gak habis fikir ternyata disana udah pada berbaris ular tangga (re: nguantrii). Berasa ikutan Idol gitudeh. DEMI DISKON. Ohy, jadi KAI tuh ngadain promo gitulah ceritanya untuk kelas eksekutif dan kebetulan banget waktunya bersamaan acara di Yogyakarta. Dan aku berdua sama temenku berangkatnya, kalau ngantrinya mah alone. Doi working dong itu.




Baru 30 menit antri kaki sudah pegel, sambil nyenderan ke tembok sebelah. tiba-tiba aja ada seorang ibu yang menegurku dan akhirnya beliau lah yang jadi temen ngantri, asik sih ibuknya berasa ogut tuh anaknya aja gitu. Percakapannya kurang lebih gininih;
.
👩: mbak maju sini, nanti tempat nya diambil sama orang
👧: njeh bu hehe
👩: Saya ituloh mbak, sudah dari jam setengah 8 disini, tapi saya duduk duduk di loby depan, gak tau saya ini kalau sudah pada ngantri. Orang orang ini datangnya lewat mana toh yo?
👧: loh iya bu? Mungkin mereka lewatnya parkiran motor bu, kan sudah dibuka
👩: oalah yo bener mbak haha tau gitu aku pasti wes didepan yo mbak. Mbak e mau kemana?
👧: mau ke jogja bu
👩: oh jogja. Mbak liaten form tiketku, wes bener ta ini mbak, tulung tulisno mbak iki tujuan e. Aku mesenkan anak ku mbak ke jakarta, anaknya itu mau ikut pelatihan. Sekarang dia lagi lembur bantuin prokernya bosnya.
.
Sambil menuliskan form tiket tujuan si ibuk, beliaunya cerita tentang anaknya. Ibuknya nih punya 2 anak, yang satu lulusan ITS (seumuran ogut) yang mau ke Jakarta, satu lagi lulusan STAN. Ibuknya juga cerita kalau kedua anaknya kuliah dengan beasiswa. Mungkin cerita ini terkesan tak penting, tapi ada suatu hal yang bisa aku petik dari kehidupan si ibuk ini, bagaimana aku melihat perspektif seorang ibu terhadap anaknya.
.
Lanjut ibuknya menjelaskan bahwa sekarang anaknya yang lulusan STAN bekerja di Kalimantan Timur. Dan ibuknya sangat bangga sekali karena anaknya sudah bisa membantu keluarganya, terlebih sekarang anaknya mendapat tawaran beasiswa untuk melanjutkan S2.
.
👧: alhamdulillah ya bu, lanjut aja bu mumpung masih muda, semangat belajarnya masih tinggi
👩: iya ya mbak, saya pokoknya terserah anaknya gitu. Mbaknya ini smester berapa?, kuliah ndek mana?
👧: smester I bu, ngambil program pasca di unair
👩: ohh deket rumah saya mbak, saya tinggal di Karamenjangan. Aslinya Surabaya ya mbak?
👧: saya aslinya Kalimantan Timur bu (sambil nyegir), tapi rencananya akan menetap disini karena ibu saya aslinya Surabaya dan mengambil pensiun dini, jadi balik kampung hehe
👩: oh ya pantesan mbak, wong katae anak saya itu kalau telfon "mah, anak kalimantan cantik-cantik mah" iya ya mbak?
👧: terus ogut tibatiba hening bingung gitu. belum juga ngejawab, ibuknya cerita lagi
👩: anak saya itu sebenernya tak suruh kalau bisa cari calon istri yang deket-deket aja mbak, biar saya itu kalau mau ketemu gak perlu naik pesawat kan yo mbak. Tapi kalau wes kadung cinta, susah yo mbak. 
👧: oalah iya bu (dalem hati, kebiasaan emak emak nih suka ngatur harus sesama suku) biar gak jauh juga ya bu dari keluarga.
👩: iya mbak bener, kalau mbaknya nanti tetep disini kan? 
👧: InsyaAllah bu, sekarang saya juga mencoba tes CPNS diSurabaya.
.
Si ibuk ini bangga banget sama anaknya dan beliau bilang bahwa apapun akan dilakukan demi sang anak. Misalanya saja rela antri tiket ber jam-jam demi anaknya yang akan ke Jakarta. Dulu semasa anaknya kuliah, si ibuk ini selalu mengupayakan agar segala kebutuhan anaknya terjamin. Karena suami beliau telah berhenti kerja akibat kecelakaan, sehingga si ibuk harus lebih power gitulah untuk anaknya. Kedua anaknya pun kurasa cukup pandai, dengan diterimanya di instansi yang cukup bergengsi terlebih keduanya mendapatkan beasiswa dan lulus cumlaude. Si ibuk juga melanjutkan bahwa dizaman sekarang ini kebutuhan serba ada, tinggal kemauan saja yang harus bergerak. 
.
Jika direnungi, benar adanya. Rasanya dizaman millennial ini mudah sekali untuk mendapatkan informasi baik itu ilmu maupun lainnya. Hanya saja, pribadi yang pandai mampu memilah mana informasi yang bermanfaat, mana yang membawa mudarat. Ibuknya juga berstatment yang membuatku self remender banget;
.
👩: Anak zaman sekarang ini rugi ya mbak kalau gak pinter, semuanya sudah ada. Saya liat nyari di hp, di komputer gitu semuanya ada ya.
👧: iya bu, alhamdulillah. Beasiswa juga gitu bu, banyak yang memfasilitasi.
👩: iyo mbak pinter ya, jadi gak begitu membebani orang tua ya mbak. Aku yaAllah bersyukur mbak duwe anak duaduanya yo nurut, belajarnya yo apik. Mbak e ya wes punya pacar?
👧: hehe saya mau fokus menyelesaikan kuliah saya dulu aja bu.
👩: yo sama mbak kayak anak ku, tak tanyain gitu kan mbak "nak, kamu gak punya pacar ta?" terus katanya gini mbak "ga ada mah, aku pengen kerja ae dulu mah. Aku ngurus diriku ae belum bisa mau ngurus anak e wong" loh pinter e mbak, mau sukses sek jare
👧: oh hehe iya bu, kan jodoh juga gak kemana.
.
Kurang lebih percakapan itu berlangsung 2 jam an, banyak banget pengalaman beliau yang memberikan ku gambaran perasaan seorang ibu kepada anaknya. Ibu, ayah, apapun akan mereka lakukan, sekalipun nyawa taruhan mereka. Selagi mereka ada berbuatlah baik padanya, jika tidak terus doakan mereka dalam setiap sujudmu.
.
Kembali ke tiket KAI ya, setelah nguantri 3 jam akhirnya aku mendapatkan tiket eksekutif tujuan Yogyakarta hanya dengan 100k yeay alhamdulillah!


Btw aku lupa menanyakan siapa nama ibuknya, sebut saja beliau ibundari karena setiap ibu adalah bidadari :)))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assalamualaikum Jogja 2

Terimakasih tetap bertahan

Assalamualaikum Jogja